Kamis, 10 Mei 2012

Kiat Sukses Facebook Marketing

Pasti anda pernah tahu apa itu facebook marketing, yup facebook marketing adalah salahsatu e-marketing yang menggunakan facebook sebagai sarana atau alat marketing. Memang Facebook marketing gampang-gampang susah, jika strategi yang digunakan tidak tepat maka hasilnya pun tidak maksimal. Berikut beberapa tips dari saya agar strategi Facebook marketing anda bisa tepat guna.
  1. Setting Goal anda, jika tipe usaha anda adalah Business to Business (B2B) dan tujuan facebook marketing anda adalah untuk meningkatkan visitor ke web perusahaan/bisnis anda atau anda ingin meningkatkan brand awareness maka anda bisa menggunakan stategi dengan membuat facebook fanspages. JIka tipe usaha anda adalah Business to Customer (B2C) dan tujuan anda hanya ingin jualan murni (biasanya para reseller/agen yang berjualan multi produk) anda cukup membuat personal Account Facebook.
  2. Kenali Facebook, dengan mengenal facebook maka anda akan mengetahui seberapa luas ceruk bisnis yang bisa dimanfaatkan. Berdasarkan data yang saya peroleh dari http://www.checkfacebook.com/ diketahui bahwa jumlah pengguna Facebook di Indonesia saat ini telah mencapai angka 26,870,640 account. Dengan proporsi pengguna laki-laki sebanyak 59,7% dan perempuan sebanyak 40,3%. Sedangkan jika diambil statistic berdasarkan rentang usia diperoleh gambaran pengguna yang berusia 14-17thn sebanyak 25,4%, sedangkan pengguna yang memiliki rentang usia 18-24thn sebanyak 41,1% dan pengguna yang memiliki rentang usia 25-34thn sebanyak 21,8%. Berdasarkan dua data tersebut dapat kita ambil kesimpulan apabila produk anda yang akan ditawarkan sesuai dengan segmentasi umur pengguna facebook maka tepat jika anda memanfaatkan facebook sebagai salahsatu senjata marketing anda.
  3. Pahami karakter Facebookers, Facebook dibuat adalah untuk sarana pertemanan bukan sarana jualan. Jadi hindari anda membuat account facebook hanya untuk tujuan berjualan saja, langkah yang tepat adalah anda mencari teman sebanyak-banyaknya kemudian pahami karakter teman-teman anda di facebook. Mungkin hal ini akan sedikit memakan waktu namun langkah ini adalah hal yang menurut saya sangat menentukan berhasil atau tidaknya penawaran kita. Sebab contoh ada beberapa teman kita yang sangat antipasti terhadap Photo tagging, jadi jangan sekali-kali anda men-tag dia dengan foto produk anda. Mungkin kita memiliki beberapa teman yang tidak peduli terhadap harga tetapi sangat peduli terhadap kualitas untuk orang seperti ini kita bisa menawarkan produk-produk yang premium. Begitu juga ada orang yang inginnya pakai barang ber-merk tapi dengan harga yang murah dan kualitas tidak terlalu diprioritaskan. Jika produk yang anda jual adalah barang KW atau imitasi maka orang ini cocok untuk anda prospek. Selain karakter, anda pun harus paham dengan hobbi, selera pakaiannya, warna favoritenya , dll.
  4. Gunakan Hypnotic Writing. Gunakanlah kata-kata yang meng’Hipnotis’ pada saat menulis “iklan” baik itu pada saat updating status, menulis di wall dan lain-lainnya sehingga calon customer kita menjadi penasaran dan akhirnya membeli. Hypnotic writing adalah salah satu factor penentu dalam rangka meningkatkan conversion rate. Conversion rate adalah persentase berapa banyak orang yang berhasil closing dibandingkan dengan berapa banyak orang yang kita prospek, missal jika kita berhasil mengclosing 10 orang dari 100 orang yang kita prospek maka conversion ratenya adalah 10%.
  5. Catat dan Evaluasi, Jangan lupa untuk mencatat apa yang anda lakukan dan evaluasi setiap strategi yang anda lakukan. Ukur keefektifan strategi yang diambil, meliputi angka kunjungan, conversion rate dan lain-lain.
     
sumber : disini 


Anda Gaptek ? Belum Punya website ? Mau belajar bisnis dan marketing online ? klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar